Yang Harus Dilakukan Saat Pertama Kali Liputan

HAL yang paling menakutkan adalah memulai sesuatu yang baru. Apalagi pekerjaan baru setelah lulus kuliah. Kondisi ini dialami oleh hampir semua orang, termasuk yang baru akan memulai profesi sebagai wartawan.

Untuk itu perlu persiapan memulai tugas baru sehingga hasilnya tidak mengecewakan. Apa saja sih yang harus dilakukan oleh wartawan pemula di hari pertama liputan? Simak saja yuk ulasan berikut ini:

1/ Siapkan Informasi Sebanyak Mungkin
Jangan ke lapangan sebelum membaca informasi atau isu yang sedang hangat dibicarakan saat ini. Selain untuk menambah kepercayaan diri, memiliki banyak informasi dan isu hangat akan memudahkan kerja kamu di lapangan. Ketika bertemu dengan narasumber, kamu jadi punya materi yang cukup untuk mewawancarai mereka. So, kamu harus luangkan waktu 15-30 menit membaca isu-isu terbaru sebelum berangkat ke tempat liputan.

2/ Diskusi dengan Editor
Editor adalah partner kerja selama kamu berstatus sebagai reporter. Jadi sebelum liputan, diskusikan dengan editor hal-hal menarik apa yang bisa digarap menjadi berita. Editor seharusnya punya banyak ide untuk didiskusikan. Komunikasi editor-reporter penting untuk menghasilkan tulisan yang memiliki nilai berita.

3/ Mendata Narasumber
Saat kamu ditugaskan ke tempat liputan tertentu, jangan sampai kamu tidak memiliki bayangan sama sekali tentang siapa saja yang layak dan bisa kamu jadikan sebagai narasumber. Cari tahu dengan jelas tentang nama jelas, jabatan, pangkat, nomor ponsel, dan bila perlu latar belakang mereka sebelum menjabat posisi tersebut. Semakin lengkap data narasumber kamu, semakin mudah pekerjaan kamu. Sebagai permulaan, kamu bisa menanyakan informasi ini kepada editor.

4/ Berkenalan
Aktivitas yang satu ini amat sangat penting untuk profesi jurnalis. Jangan coba-coba untuk tidak berkenalan dengan rekan yang sudah lebih dulu tiba di suatu tempat atau pos liputan. Hal ini wajib dilakukan terutama kalau kamu tidak sempat membaca informasi sebelum liputan. Karena setelah berkenalan, akan ada banyak hal yang bisa kamu tanyakan kepada teman baru kamu itu.

5/ Kenali Pos Liputan
Di setiap media, terutama cetak dan online, setiap reporter baru akan ditugaskan di pos liputan tertentu seperti di DPR, Bursa Efek Indonesia, perkotaan maupun di kementerian atau lembaga negara. Ada juga reporter yang tidak diberikan pos liputan tertentu tetapi diminta floating. Untuk yang sudah ditugaskan meliput di pos tertentu setiap hari, kamu harus mengenal pos liputan itu. Siapa pemimpinnya, di mana ruang kerjanya, jam berapa datang, jam berapa pulang, siapa saja asisten maupun wakilnya, dan sebagainya. Ini penting karena setiap hari kamu akan berada di sana. Dan mengetahui pos liputan sejak awal kamu bertugas di sana akan memudahkan kamu. Kamu juga perlu berkenalan dengan juru bicara atau kepala humas di tempat kamu meliput. Karena dari dia, informasi utama tentang aktivitas lembaga itu bisa kamu peroleh.

Sudah siap liputan ke lapangan? Oke, jadi wartawan yang menjunjung etika dan moral ya! (*)

Shares 0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *